Minggu, 10 April 2011

Madu untuk penyembuhan

Telah banyak kita dengar dari orang-orang disekitar kita dan berbagai media mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan tanpa efek samping. Dan manfaat atau khasiat madu ini juga telah menjadi bahan penelitian dan telah teruji oleh para ilmuan dunia. Sehingga kita musti tahu apa saja manfaat madu sebagai obat penyembuh, berikut ini....


1. LUKA BAKAR
Oleskan madu secara merata pada luka bakar. Madu dapat mendinginkan dan mengurangi nyeri serta menyembuhkan luka dengan cepat tanpa meninggalkan bekas luka . cara ini aman karena bakteei tidak dapat hidup didalam madu.

2. INSOMNIA
Satu atau dua sendok teh madu tiap malam akan membantu anda terlelap. Lebih ampuh lagi kalau kalaudicampur dalam segelas susu hangat.

3. HIPERAKTIF
Ganti semua gula pasir anda dengan madu. Gula pasir memiliki kemampuan stimulasi yang tinggi, padahal nutrisinya rendah sebaliknya madu mampu menyediakan energy melimpah tanpa membuat anak jadi hiperaktif.

4. GANGGUAN PENCERNAAN
Taruh satu sendok makan madu dalam baskom berisi air panas, lalu hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handukdiatas baskom, sangat manjur.

5. LELAH
Encerkan satu sendok makan madu dengan air hangat lalu diminum. Madu memiliki kandungan utama berupa fruktosa dan glukosa, jadi sangat mudah diserap tubuh. Atlet yunani kuno selalu menkonsumsi madu sebelum pertandingan untuk menambah stamina dan setelah pertandingna untuk mendinginkan tubuh.

6. MASKER WAJAH
Campurkan madu dengan oatmeal dalam takaran yang sama, kemudian gunakan sebagai masker. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan wajah anda. Madu adalah pembersih wajah yang ampuh untuk membersihkan noda dan jerawat di wajah.

7. HIDUNG MAMPET
Cmpurkan madu engan cuka apel lalu ditambah lagi dengan air. Selain memperlancar pencernaan , ramuan ini juga baik untuk persendian dan penurunan berat badan.

8. SAKIT TENGGOROKAN
Biarkan satu sendok the mengalir lambat ditenggorokan anda. Madu berfungsi untuk mengurangi peradangan.

9. HAIR CONDITIONER
Oleskan campuran madu dan minyak zaitun pada ramBOTOL BAYIbut anda, lalu tutup kepala anda dengan handuk hangat selama setengan hingga satu jam. Kemudian dibilas , madu dapat memberikan nutrisi yang diperlukan rambut dan kulit kepala.

10. STRESS
Perpaduan madu dengan air adalah stabilizer alamiyang kar biasa bagi tubuh kita, karena campuran tersebut memiliki efek menenangkan. Agar lebih efektif , gunakan perbandingan madu dengan air sebanyak 1: 4.

11. ANEMIA
Madu adalah makanan yang paling bagus untuk darah. Semakin gelap warna madu, semakin banyaklah kandungan mineralnya.

12. PENGAWET MAKANAN
Jika anda mengganti gula pada resep kue dan cookies anda, maka kue dan cookies akan tahan lebih lama karena madu ersifat anti-bakteri.

13. BOTOL BAYI
Empat sendok the madu yang dilarutkn bersama air dan dimasukkan kedalam botol bayi akan menimbulkan efek tenang pada bayi sekaligus menambah asupan multivitamin bagi sibayi. (hanya untuk bayi diatas usia satu tahun). Bagi bayi yang baru tumbuh gigi, mengoleskan madu pada gusi mereka akan membantu mengurangi rasa sakit karena tumbuh gigi.

14. OSTEOPOROSIS
Penelitian menunjukan bahwa dengan menkonsumsi satu sendok the madu per haridapat mencegah osteoporosis. Sangat dianjurkan untuk anda yang sudah berusia kepala lima.

15. PANJANG UMUR
Orang-orang dengan usia tertua didunia pada umumnya mereka yang rutin menkonsumsi madu. Ada satu fakta yang menarik, yaitu para peternak lebah (yang otomatis juga Rajin menkonsumsi madu) ternyata lebih sedikit berisiko terkena serangan kanker dan rematik dibandingkan dengan pekerjaan manapun didunia.

16. MIGREN
Saat migren baru menyerang , minumlah campuran satu sendok mkan madu dengan setengah gelas air hangat. Jika dirasa perlu, ulangi 20 menit kemudian.

17. IRITASI MATA
Larutkan madu dengan air hangat dalam takaran yang sama. Setelah ingin cuci mata anda yang terkena iritasi dengan larutan tersebut.

18. OBAT BATUK
Campur 170 gram madu, 55 gram gliserindan air perasan dari dua buah jeruk lemon. Aduk rata dan simpan dalam botol yang tertutup rapat. Dapat diminum sewaktu-waktu sebagai oabt batuk. Adakalanya madu murni yang disimpan lama akan mengumpal. Apabila itu terjadi, anda hanya perku meletakkan botol madu and adalam panic berisi air panas (bukan mendidih) selama beberapa saat hingga madu mencair kembali.

Sumber: Dari berbagai sumber